BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Sabtu, 06 November 2010

Warnet OK

Semakin dikenalnya teknologi internet oleh masyarakat umum, membuka peluang warnet untuk terus berkembang. Berikut sedikit tips bagi yang ingin membuka usaha warnet. Bila anda punya warnet atau baru ingin memulai bisnis warnet ada baiknya ada baca tips dan trik saya ini agar warung internet anda lancar, laris,berkembang. tapi jangan berharap anda mendapat trik n tips cara meningkatkan bandwidth atau mempercepat koneksi internet , karena itu urusan ISP yang anda pakai. Apa yang akan bagi ini berdasarkan pengalaman saya sendiri sebagai konsumen dan sekaligus pengelola warnet.

1.yang pertama kali perlu diperhatikan adalah posisi lokasi dan lingkungan karena kenyataannya konsumen dan pengguna Internet di indonesia terutama di warnet warnet adalah para pelajar,mahasiswa kemudian disusul para pencari kerja atau yang sudah kerja. Kalau and memilih lokasi warnet pilih di jalur yang tempat yang sering di lalui oleh orang banyak, salah satunya dekat kampus ataupun dekat dengan transportasi umum seperti stasiun dan terminal yang jelas ramai akan penduduk yang berlalulalang? tempat parkir juga diperhatikan aman , mudah, dan geratis

2.koneksi yang cepat adalah sudah keniscayaan yang diinginkan konsumen, semakin cepat koneksi dan download maka semakin disukai.

3.fasilitas warnet yang memadai, sekarang ini jaman nya warnet dengan monitor lcd, prosessor cpu minimal dual core, AC, dan angin dari kipas angin agar suhu ac dapat terdistribusi secara merata dalam satu ruangan, minuman softdrink, snack, makanan kecil lain juga harus ada, wc, toilet, kursi juga diperhatikan apakah mau lesehan atau pakai kursi biasa, kursi sofa? perangkat tambahan komputer juga wajib ada seperti speaker atau headset, slot usb, persediaan card reader, printer (wajib), scanner gak begitu wajib). beberapa orang lebih suka jika sekuriti komputer klien tidak begitu rapat sehingga bisa diinstall program yang diinginkan oleh user.

4.privasi, ternyata walaupun warnet termasuk tempat umum kebanyakan konsumen lebih suka jika privasinya terjaga biliknya tersekat dengan baik dan bilik gak bolong bolong.

5.tambahan yang disuka konsumen warnet adalah data sharing, terkadang pengguna tidak mengambil data apa yang ada di warnet tapi malah mengambil data yang ada di komputer bilik klien. beberapa warnet memberikan fasilitas harddisk sharing yang berisi gratis mp3, movie, film film download, yang semua datanya bisa dicopy secara bebas oleh para user atau pengunjung melalui komputer klien masing masing.

Bila anda ingin juga membuat usaha game online bersama dengan warnet maka jangan jadikan dalam satu ruangan , karena kebisingan dari game online mengganggu user warnet, kalo dicampur dalam satu ruang biasanya warnetnya gak begitu ramai.
Beberapa tips-tips yang ada :

1. Tempat, merupakan faktor penting dalam membuka usaha warnet. Posisi menentukan prestasi.
2. Kenyamanan, terutama AC, agar pengguna warnet betah berlama-lama di ruang warnet
3. Koneksi internet yang cepat dan mempunyai kehandalan yang tinggi dan Komputer klien yang memadai juga, percuma dong kalo koneksinya udah bagus tapi komputer jadul
4. Harga yang relatif bersaing dengan yang lain.
5. Game center
6. Dilengkapi cafe, fotocopy, printer dan scanner
7. Pelayanan yang ramah


Pengguna warnet/user membutuhkan privasi dalam ber-internet, jadi usahakan membuat ruangan yang cukup nyaman.Komputer dengan spesifikasi yang prima dan selalu di-maintain. Spesifikasi Komputer yang lambat seringkali membuat user menjadi kesal.
Pengadaan minuman ringan dan snack akan sangat membantu menambah pendapatan warnet disamping menambah kenyamanan user.
Penyedia koneksi internet/Operator yang komunikatif dan mempunyai jaringan yang handal. Jika jaringan sering terganggu akan mempengaruhi citra warnet.

Billing untuk mempermudah user dalam menggunakan komputer danmempermudah perincian laporan keuangan warnet.Cari ISP yang sudah cukup berpengalaman dalam bidangnya yang tentu saja tidak lepas dari kesiapan 24 x 7 customer service nya.

0 komentar: